Home DAILY CELOOTECH Hello Wednesday: Lighting Up and Freedom

Hello Wednesday: Lighting Up and Freedom

Author

Date

Category

Hello, good evening….

Gimana? sudah merasakan nikmatnya makan nasi lauk ala kadar di akhir bulan? nyesel kan pas awal gajian langsung hedon dikit-dikit buka e-commerce, dikit-dikit jadi cah senja di starbak? But yeah, live must go on. Mau sepahit apapun kondisi hidup di tengah pandemi corona ini, masi ada frontliner medis yang ketar-ketir setiap hari berjuang ditengah-tengah virus corona. Dan buat kalian yang masih bisa baca newsletter ini baik di email maupun langsung dari web, selamat! Hidup kalian tidak buruk-buruk amat, masih punya kuota, masih punya waktu untuk browsing dan scrolling. Dan yang pasti, masih ada harapan untuk menyongsong Agustus yang lebih baik. Merdeka!

Freedom? which freedom???

Jadi, selain Agustus yang merupakan bulan dimana Indonesia merdeka dari penjajahan, kebetulan ada angin segar terkait tagihan. Jadi untuk sementara kalian akan merdeka (ga sepenuhnya bebas sih) dari tagihan listrik yang mungkin berat buat sebagian orang selama pandemi corona.

Heh? serius?

Yup, jadi pemerintah akan memberikan anggaran sebesar 3 triliun untuk mensubsidi tarif listrik ke sektor bisnis, industri dan sosial. Jadi buat kalian para pengusaha yang lagi lesu bisnisnya, dengan adanya subsidi ini lumayan membantu banget.

Berlaku sampai kapan?

“Mulai dari Juli sampai Desember 2020. Jadi, semua sektor itu akan mendapatkan insentif pengurangan tagihan listrik. Mekanismenya akan diumumkan lebih detail,” ucap  Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Nathan Kacaribu

Loh kok cuma untuk pengusaha? buat rakyak jelata mana?

Gini loh sayang, jadi kata beliau, sampai juni kemarin, industri menyumbang total pemakaian listrik sampai dengan 31,7% yang berarti dianggap sama beliau, pabrik dan industri mengalami peningkatan produksi. Daaaan berarti, dengan banyaknya produksi berarti ekonomi Indonesia sudah memasuki tanda-tanda pemulihan. Oleh karena itu, pengusaha tersebut dibantu dengan subsidi listrik. Supaya ekonomi indonesia tetap meningkat meskipun ditengah pandemi. (ingat lagi prinsip ekonomi #eh)

Pertanyaan yang tadi, belum dijawab?

Iya iya, pemerintah juga ngasih diskon kok untuk masyarakat. Cuma untuk detailnya belum ada pengumunan resmi, cuma dari info yang didapat sih, berlaku dari Juli – Desember. Puas??

Itu doang, ga ada hal lain gitu yang bisa dipamerkan Jokowi?

Sabar dong, Beliau juga sudah menyiapkan prioritas kerja selama 2021 kok. Dan ada 5 prioritas yang disiapkan Presiden Jokowi, meliputi reformasi pangan, kesehatan, pendidikan, percepatan transformasi digital, dan energi.

Salah satu strategi beliau dengan defisit anggaran yang melebar dari 4,17 persen menjadi 5,2 persen dari PDB. Dari angka tersebut akan muncul cadangan belanja 179 triliun yang nantinya akan digunakan presiden Jokowi untuk menjalankan pemulihan ekonomi dalam skala nasional.

 Tapi… selain muncul cadangan belanja, cadangan pengangguran juga bermunculan dan siap menambah daftar pengacara (pengangguran banyak acara) selama tahun 2021.

EH?

Yup, jadi menurut  Pak Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa, tahun 2021 dikuatirkan akan ada pengangguran sebanyak 10,7 – 12,7 juta. Jadi kelak kalau tahun 2021 dan kalian (amit-amit) masih nganggur dan diajak tos bareng sama penggangguran maba, kalian bisa bilang: We walk the same path, but got on different shoes. And end up with the same target.

Perasaan berita lo ngenes semua, yang hepi-hepi napa

Well, sebentar lagi idul adha, setidaknya kalian bisa kembali merasakan nikmatnya daging kambing gratis setelah setiap hari berkutat di menu sayur-garam-promag. Dan kalau kalian baru pertama kali mengolah daging kambing, pasti takut dong nanti dagingnya bau atau masakannya ga enak. Kalian bisa mencari resepnya di sini atau mencoba tipsnya di sini.

Kalau yang cantik-cantik??

Ahelah, cantik kalau suka open BO buat apa? ngomong-ngomong tentang open BO, mentang-mentang banyak rakyat jelata yang open PO dimsum ampe segala camilan, eh cewek-cewek cakep yang penghasilannya dari entah tapi bisa hedon tiap hari itu ikutan open BO.

No PIC HOAX!

Jadi, ada artis inisial VS yang ditangkap polisi di lampung gegara prostitusi online. Dan ini kejadian yang kedua kalinya di lampung setelah sebelumnya ada penyanyi berinisial HKK (hesti klepek klepek) yang ditangkap juga karena jual lendir online. Gosah minta foto, cari aja di akun IG gosip banyak bertebaran kok identitas aslinya. Pokoknya semua yang masuk ranah abu-abu. penulis itu masih lugu jadi gatau menahu.

Yah, pada akhirnya kita dituntut untuk lebih kreatif dalam mencari nafkah selama pandemi ini. Tapi ya ga terus ngangkang juga mbaaaaaaaaaa, 🙁

Tell us more…

Nope, ga ada faedahnya memblow-up berita tentang perempuan yang jualan lendir. Mending mensupport perempuan yang bener. Ngomong-ngomong tentang support, udah tahu di IG lagi rame-rame para perempuan posting foto hitam putih?

Oh, yang kayak fotonya dian sastro ama paris hilton itu ya? kenapa sih?

Jadi, ceritanya mereka lagi bikin social media campaign dengan hashtag #womensupportingwomen yang bertujuan untuk memberi dukungan kepada sesama perempuan dan diikuti hashtag #challengeaccepted. Dan ini bukan pertama kalinya juga loh, dulu pada tahun 2016, hashtag challenge accepted ini juga ramai digunakan sebagai sikap kepedulian terhadap penderita kanker.

Ya meskipun banyak kaum bani julid dan bani nyinyir yang mempertanyakan keefektifan hashtag tersebut terkait realisasinya selain caper dan nyari personal awareness doang. Kayak yang dibilang oleh Camilla Blacked di IG: What is the point of this #ChallengeAccepted thing? Do people not know you can just post a hot selfie for no reason?

Well, no komen deh. See you on Thursday.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Recent posts

Recent comments